Pembahasan LATIHAN pada Modul 2

Berikut ini adalah pembahasan secara singkat untuk LATIHAN pada modul 2 :
Jawabannya :

Pembahasan No. 1 :
Dalam membuat skrip ini memang sederhana akan tetapi jangan lepas dari materi yang sedang kita pelajari, yaitu dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Jadi untuk menampilkan tulisan / teks seperti pada gambar diatas haruslah berada didalam tag PHP.


Jawabannya No. 2 :


Pembahasan No. 2 :
Di soal no 2 ini Anda diminta untuk membuat tampilan seperti pada gambar. Nah untuk membuatnya Anda sekali lagi harus menerapkan apa yang telah didapat pada pertemuan-pertemuan sebelumnya, yaitu bisa dengan penggunaan Variabel yang lebih mudah atau dengan Fungsi define(). Namun yang saya akan bahas disini adalah dengan menggunakan variabel.
  1. Terlebih dahulu Anda harus menyimpan bilangan 10 tersebut dalam variabel A ($A) dan bilangan 100 dalam variabel B ($B).
  2. Kemudian buatlah beberapa rumus yang kita butuhkan untuk menampilkan yang akan ditampilkan pada browser, seperti berikut :
  • Penjumlahan, untuk penjumlahan kita akan simpan dengan nama variabel $jumlah dan rumusnya : $jumlah=$A+$B;
  • Pengurangan, untuk pengurangan kita akan simpan dengan nama variabel $selisih dan rumusnya : $selisih=$B-$A;
  • Perkalian, untuk perkalian kita akan simpan dengan nama variabel $kali dan rumusnya : $kali=$A*$B;
  • Pembagian, untuk pembagian kita akan simpan dengan nama variabel $bagi dan rumusnya : $bagi=$B/$A
Setelah itu silahkan tampilkan seperti pada gambar dengan menggunakan skrip pada jawaban diatas.
Jawabannya No. 3 :


Pembahasan No. 3 :
Dengan menggunakan fungsi define () kita bisa membuat skrip untuk menjawabnya atau bisa juga dikolaborasikan dengan variabel juga boleh. Disini saya akan membuat dengan fungsi define ().
Jawabannya No.4 :

Pembahasan No. 4 :
Untuk kasus soal ini memang banyak cara yang bisa anda gunakan, asalkan tidak lepas dari bahasa pemrograman PHP yah... Disini saya akan menggunakan fungsi for () untuk bilangan genap dan fungsi while untuk bilangan ganjil. Didalam fungsi for terdapat 3 bagian seperti ini : for (batas awal, batasan, dan bagian loopingnya). Bagian looping disini adalah proses (seperti penambahan [++] atau pengurangan [--]). Untuk pambatasan bilangan ganjil, karena yang dipinta adalah sampai angka 20 maka pembatasannya diberikan angka 17, karena hasil akhirnya nanti 17+2 = 19.

Comments