Thursday, 23 July 2015

Belajar Login Hak Akses

Berikut ini dapat saya sampaikan potongan dari materi untuk belajar membuat login dan hak akses pengguna suatu aplikasi. Mungkin sering Anda menjumpai hal yang serupa dalam kasus pembuatan aplikasi web, dan terkendala dalam hal login dan pembagian hak akses antara front-office dan back-office.

Mungkin apa yang dapat disampaikan dalam blog ini dapat sedikit dan berguna membantu kesulitan Anda untuk mengatasinya. Pertama - tama disini saya akan berikan file paket yang berisikan SQL (database) dan file - file PHPnya, file telah dikompres dalam bentuk winrar dan diunggah menggunakan google drive. silahkan ditebas aja disini

Secara teori tahapan dalam belajar membuat login hak akses, terdiri dari :
  1. Database beserta tabel terkait, setidaknya terdapat tabel "account user" sehingga dapat dijadikan sebagai akun masuk ke halaman admin maupun halaman "client". motifnya boleh beragam, menyesuaikan kehendak hati programmer atau pengguna akhir.
  2. Membuat tampilan form loginnya, boleh murni Php seperti yang dibahas dalam blog ini atau dapat dikombinasikan dengan CSS atau Javascript ataupun yang lainnya.
  3. Selesai membuat form yang mungkin dapat selesai dalam waktu 1-2 menit saja, berikutnya bagian proses eksekusi tombolnya. Disini, Anda harus menghubungkannya dengan database yang sudah dibuat, khususnya tabel yang berkaitan dengan hak akses pengguna / akun login ( username dan password atau level jika ada ). 
  4. Tentunya dalam proses tersebut kita akan menjumpai kondisional untuk menentukan true or false-nya. misal : Jika username dan password sudah benar, maka akan masuk ke kondisional berikutnya...apakah level yang login tadi adalah "A" yaitu Admin atau "U" sebagai Pengguna Umum ? Jika Admin, maka akan dilemparkan dengan menggunakan "header location" atau menggunakan javascript juga boleh yang tujuannya sama, yaitu akan menghantarkan ke halaman utama Admin, begitu sebaliknya.
  5. Buatlah halaman utama seefisien mungkin, maksutnya dalam satu notepad kita buat sekali saja jika memungkinkan untuk lebih mengurangi jumlah notepad apabila dipisah admin sendiri dan user sendiri,
  6. Oiya, jangan sampai lupa disini kita akan menggunakan SESSION yang mana fungsinya untuk memberikan kesempatan khusus untuk mengakses, jika SESSION sudah di destroy, maka dia akan terlempar kembali ke halaman login. Sehingga nanti pada setiap halaman web setelah login dan sebelum logout harus diberikan SESSION_START()
  7. Sebagai hidangan penutup, dibuatlah logout yang tjuannya untuk menghapus SESSION tadi, sehingga tidak dapat mengakses kembali dengan tombol BACK sekalipun. Dengan syarat, diberikan kondisional dan header location didalamnya.
demikian tutorial login hak akses secara teori yang dapat dituliskan disni. untuk lebih enjoynya, silahkan diunduh saja scriptnya dan dipraktekkan. semoga bermanfaat, ilmu jangan diambil sendiri, saling berbagi akan lebih berarti. terima kasih sobat, diatas langit masih ada langit, jangan mendongak trus kalo jatuh nanti jadinya sakit. ^_^



No comments:

Post a Comment

Dilarang keras memasukkan kata-kata berbaukan SARA dan berkonotasi KERAS / KOTOR !!!