UJIAN AKHIR SEMESTER PTI (KELAS : B)



UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL
TAHUN AKADEMIK 2015/2016

Mata Kuliah : Pengantar Teknologi Informasi Hari/Tanggal : Kamis, 17 Desember 2015
Dosen : Pratama Angga Buana, S.Kom Waktu : 16.30 - 18.00
Prodi : Sistem Informasi - B Sifat : Open




Ketentuan Mengerjakan :
1.     Awali dengan berdoa, niat untuk jujur dan mandiri !
2.     Jawaban diketik dan dipublish pada webblog Anda dengan batas akhir 18 Desember 2015 jam 12.00 !
3. Setelah selesai mengerjakan dan mempublish jawaban di blog, silahkan dikirimkan ke email : pratama_angga@stmikdb.ac.id dengan subjek : uas_pti_b2015, didalamnya diberikan pesan : NIM dan NAMA_LENGKAP serta Kontak (HP dan Pin BBM)
4.     Kesamaan jawaban dan segala tindak kecurangan akan diberikan sanksi keseluruhan dengan pengurangan skor !

Soal :
1.     Perkembangan Jaringan Telekomunikasi semakin berkembang pesat mulai dari 3G, 3.5G sampai dengan 4G. Keutamaan dari perkembangan jaringan bertitik inti pada kecepatan dalam memberikan pelayanan khususnya komunikasi dan data. Provider – provider telekomunikasi telah mensosialisasikan kepada pelanggannya untuk segera menggantikan kartu SIM lama dengan yang baru, yaitu SIM baru dengan jaringan LTE. Apa itu LTE ? dan kenapa kita sebagai pelanggan diminta untuk mengganti kartu lama dengan yang baru ?
2.     Sebuah gedung terdapat beberapa bagian ruang, diantaranya Ruang Guru, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Tata Usaha, dan Laboratorium. Kesemuanya menggunakan akses internet, namun ada beberapa permasalahan yang dihadapinya, yaitu pada saat guru – guru ingin menggunakan printer mereka harus mengantri dikarenakan hanya tersedia dua mesin untuk 25 guru. Selain itu, pada saat jam penggunaan ruangan laboratorium guru pengajarnya kesusahaan pada saat ingin mengkoreksi pekerjaan 30 siswanya ditempat atau pada saat diluar kelas mungkin ingin mengambil data langsung dari ruangan guru. Menurut Anda jaringan apa yang tepat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut ? jelaskan alasan jawaban Anda dan kira – kira menggunakan topologi apa yang tepat beserta alasannya !
3.     Gambarkanlah situasi ruangan dan gambaran jaringan dari jawaban no. 2 Anda !

Comments