Materi Pemrograman III : Bagian 1 (Menampilkan Data)

Materi terakhir dalam perkuliahan Pemrograman III adalah manipulasi data. Manipulasi data terdiri dari Tampil data, Tambah Data, Hapus Data, dan Ubah Data. Namun, pertama kali kita harus memahami terlebih dahulu cara untuk menghubungkan ke MySQL. Adapun langkah untuk menghubungkan PHP dengan MySQL sebagai berikut :

1. Ketikkan ke dalam notepad seperti berikut :
mysql_connect("localhost","root","");
?>
2. Simpan dengan nama, misalkan : koneksi.php
3. Penjelasan dari kode tersebut :
baris ke-2 : digunakan untuk menghubungkan ke MySQL, dimana dalam tanda kurungnya terdapat 3 parameter, yaitu : (hostname, username, password). 
Setelah terhubung dengan MySQL tentunya kita harus memilih databasenya agar dapat mengakses tabel - tabel yang ada. adapun langkah tahapannya sebagai berikut :
1. Tambahkan kode berikut ini di baris ke-3 :
mysql_select_db("si3_2014");
2. Kemudian disimpan ulang.
3. Penjelasan dari kode program tersebut : didalam tanda kurung merupakan nama database yang telah dibuat sebelumnya, bilamana belum dibuat silahkan Anda buat terlebih dahulu di PhpMyAdmin.

Kemudian, bukalah notepad baru yang akan digunakan untuk menampilkan isi data pada tabel Agama. adapun kode program untuk menampilkan data tersebut sebagai berikut :
include "koneksi.php";
$query=mysql_query("select * from agama");
echo "
Kode
Nama Agama
Edit
Hapus
";
while($hasil=mysql_fetch_array($query))
{
echo "
$hasil[kode]
$hasil[agama]
ubah
hapus
";
}
echo"
Tambah Data";
?>
penjelasan kode program diatas :
baris ke-2 : terdapat fungsi include, yaitu untuk memanggil kode program lain agar terintegrasi menggunakan isi dari kode program yang ada didalamnya.
baris ke-3 : mysql_query digunakan untuk menuliskan SQL Query sesuai dengan kehendak atau yang diinginkan programmer maupun pengguna. karena berkeinginan untuk menampilkan data maka SQL Query-nya " Select * from nama_tabel ".
 baris ke-13: terdapat perulangan while dan array, digunakan untuk melakukan perulangan menampilkan data yang terdapat pada tabel, makanya diberikan variabel yang sama dengan variabel yang menyimpan fungsi mysql_query diatasnya.
 baris ke-16 : terdapat $hasil[kode], perlu diingat bahwa bentuk tersebut sama persis dengan yang diajarkan pada saat perulangan Array, hanya saja disini $hasil diperoleh dari variabel yang menyimpan mysql_fetch_array, sedangkan didalam kurung siku "kode", merupakan nama kolom yang terdapat pada tabel agama.
baris ke-18 : merupakan link yang fungsinya nanti akan menampilkan form edit, namun permasalahannya bukan disitu melainkan pada tanda atau simbol "?" yang maksutnya adalah membandingkan dan mempertanyakan bagian mana atau kode dari data yang mana yang akan diubah atau dihapus.

penutup tabel memang sengaja ditaruh dibagian paling bawah dan diluar tanda kurung kurawal, agar tidak berulang dan malah mengganggu proses perulangannya. untuk materi tambah dan hapus data silahkan cari dipostingan terbaru setelah yang ini yah....terima kasih.

berikut ini adalah hasill dari notepad tampil.php :

 

Comments