Monday, 11 January 2016

Materi Pemrograman III : Bagian 2 (Tambah Data dan Hapus Data)

Kali ini yang dibahas adalah bagaimana cara menambahkan data melalui interface yang dibuat dapat tersimpan ke dalam basis data dan menghapus data tidak perlu masuk ke PhpMyadmin melainkan langsung dari interface ? berikut kita simak pembelajarannya ...

1. Sebelumnya kita sudah memiliki notepad koneksi.php yang digunakan untuk menghubungkan dengan MySQL dan memilih database yang akan digunakan.

2. perhatikan alamat link yang terdapat pada bagian bawah tabel (buka notepad tampil.php), lalu bukalah notepad baru dan disimpan sesuai dengan nama file script PHP, misal di notepad tampil.php link tambah datanya diberikan nama "tambah.php", maka disimpan dengan nama tersebut notepad barunya,

3. ketikkan kode berikut ke dalam notepad "tambah.php" :


sekarang simak baik - baik penjelasannya :
baris ke- 22 :  pada bagian ini kenapa perlu diperhatikan ? karena perlu  diingat bahwa penggunaan tanda kurung siku disini bukanlah seperti layaknya pada mysql_fetch_array namun, kurung siku yang didepannya diawali dengan metode FORM, yaitu POST, maka nilai yang terdapat didalam kurung tersebut adalah name dari komponen formnya.
baris  ke-24 : terdapat kondisional if, namun jika dicermati terdapat kata "EMPTY" yang berarti kosong, oleh karena itu maksut dari kode program tersebut adalah apabila kedua variabel tersebut masih kosong atau belum diisikan maka akan menampilkan teks ..."Silahkan isi terlebih dahulu"
 baris ke-30 : SQL query untuk menambah data ke dalam tabel Agama, perlu diingat dalam tanda kurung values harus urut sesuai dengan kolom tabel yang ada di PHpMyadmin.
baris ke-33 : digunakan untuk membuat redirect atau seolah -olah seperti refresh otomatis halaman tersebut.

hasil dari tampilan tersebut :
kemudian saat diisikan data :

 Hasil setelah diisikan datanya :


Sekarang untuk proses hapus data, Anda cermati pada bagian link hapusnya...disana terdapat nama file php yang belum kita miliki, maka terlebih dahulu buka notepad baru kemudian simpan dengan nama yang sesuai dengan yang di link hapus :
Del

maka kita buka notepad baru dan simpan dengan nama "del.php" dan ketikkan kode program didalamnya sebagai berikut :

lalu untuk menjalankannya, bukan file "del.php" dijalankan melainkan kita harus jalankan mulai dari "tampil.php" tadi, kemudian tekan link hapus yang ada misalkan pada Agama kode ke-5 kita akan hapus, maka posisikan kursor di link hapusnya. cek dibagian kiri bawah (pada saat menunjuk link hapus, jangan diklik) sebagai berikut :
jika pada bagian no sudah muncul angka sesuai dengan kodenya, maka dapat dipastikan kita sudah benar, tinggal eksekusinya saja ke notepad del.php. bilamana pada saat dihapus ternyata GAGAL, meski tidak muncul error, maka jawabannya ada di notepad "del.php" :
1. bisa jadi include "koneksi.php" tidak ada notepadnya atau nama file tidak sesuai alias berbeda
2. bisa jadi salah dalam penulisan parameternya mysql_connect
3. bisa jadi salah dalam menuliskan nama database ( nama database yang ditulis tidak sama dengan yang di PHPMYADMIN ).
4. SQL Query untuk hapus data salah pada saat menuliskan sintaknya atau nama tabelnya
5. penulisan SQL Query pada bagian where nama kolomnya ("kode") tidak sesuai atau beda penulisannya
6. $_GET[no] apabila kodenya terdapat karakter maka harus dibikin sebuah string, sebagai berikut : '$_GET[no]'

hasil tampilan pada saat sukses dihapus :

demikian yang dapat disampaikan dalam ulasan singkat materi dari tambah data dan hapus data, untuk materi ubah data akan diunggah setelah postingan ini.

No comments:

Post a Comment

Dilarang keras memasukkan kata-kata berbaukan SARA dan berkonotasi KERAS / KOTOR !!!